Pradya Suara – Perjuangan pekerja outsorcing di PT Swabina Gatra akhirnya menemui titik terang setelah sekian lama menggantung. Pihak perusahaan tanggal 6 November ini bersedia mengontrak lima pekerja, yang sebelumnya diberhentikan sepihak.

“Sudah ada kesepakatan antara lima pekerja dengan PT Swabina Gatra,” kata Ketua Serikat Pekerja Peker Tuban 4, Mujianto, kepada reporter Pradya Suara ketika dikonfirmasi, Rabu, 2 November 2017.

Ketua Komisi A DPRD Tuban, Agung Supriyanto, meminta serikat pekerja untuk segera berkoordinasi dengan perusahaan terkait program kerja. Diharapkan setelah ini tidak ada gejolak lagi, dan pekerja terpenuhi haknya.

Untuk menyelesaikan perosalan outsorcing yang dilimpahkan ke perusahan lain, Komisi A bulan ini bakal kunjungan kerja ke Kemetrian Tenaga Kerja.

“Tujuannya meminta pertimbangan bagaimana cara menyelesaikan persoalan tersebut,” pungkas Agung.

Kepala Bidang Industrial dan Jamsostek Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Tuban, Ariful, tidak menyangka jika di PT Swabina terjadi gejolak dengan pekerjanya. Padahal satu permasalah sebelumnya sudah rampung, tapi buruknya komunikasi membuat hubungan perusahaan dengan pekerja tidak harmonis.

Perwakilan PT Swabina Gatra kantor Gresik, Erna berkomitmen memperbaiki komunikasi dengan pekerjanya.

“Lima karyawan yang diberhentikan, mulai pekan depan bisa bekerja seperti sediakala,” tandas Erna. (al)

Editor : Sumartik

Tanggapan Masyarakat