Pradya Suara – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpan) Kabupaten Tuban, menciptakan ruang wisata arsip untuk anak sekolah dan masyarakat (warasmas) sebagai pusat pembelajaran edukasi sejarah Tuban.

Ruangan tersebut, berisi foto-foto Kabupaten Tuban tempo dulu, mulai pra kemerdekaan RI hingga saat ini.

“Beberapa koleksi yang dimiliki diantaranya, foto Gubernur Jatim dan Bupati Tuban di era penjajahan Belanda hingga sekarang,” kata Kepala Disperpan Tuban, Joko Prijono, kepada reporter Pradya Suara saat dikonfirmasi di kantornya, Kamis (18/05/2017).

Kemudian, beberapa foto perkembangan pemerintahan dan rumah-rumah dinas pejabat Kabupaten Tuban di era penjajahan Belanda serta perkembangan tempat wisata. Tidak tertinggal pula dokumentasi kunjungan pejabat tinggi Indonesia, seperti Presiden Soekarno pada tahun 1960an.

“Selain itu, arsip-arsip serupa perkembangan budaya dan prestasi Bumi Wali di tingkat nasional hingga internasional juga tertata rapi di ruang warasmas,” tegas Joko.

Ditambahkan, warasmas merupakan inovasi Disperpan dalam memberikan informasi pentingnya arsip dan wawasan sejarah Tuban kepada pelajar maupun masyarakat pada umumnya.

Saat ini ruang warasmas belum dibuka untuk umum. Rencananya, bakal dilaunching pada hari Selasa (23/05/2017) mendatang, dengan melibatkan pelajar di Bumi Wali. (ach)

Editor : Sumartik

Tanggapan Masyarakat