Pradya Suara – Lahirnya Siklon Tropis Dahlia setelah Cempaka tetap menjadi perhatian serius BPBD Tuban. Diharapkan fenomena alam ini tidak bergeser ke Pulau Jawa khususnya Jawa Timur.

“Informasi dari BMKG posisi Siklon Dahlia saat ini di Samudra Hindia sebelah barat daya Jakarta. Sekitar 9,0 LS, 103,5 BT (sekitar 475 km sebelah barat daya Jakarta) dengan kekuatan 65 km/jam,” kata Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono, kepada reporter Pradya Saura ketika dikonfirmasi, Kamis, 30 November 2017.

Sementara pada Jumat (1/12) besok, Siklon Dahlia akan bergerak ke arah tenggara, menjauhi wilayah Indonesia dengan kecepatan 95 km/jam. Sekalipun demikian, warga Bumi Wali diharapkan tetap waspada.

“Hindari berlindung di bawah pohon saat ada hujan dan angin kencang,” tegas Joko.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Tuban, Desindra, menambahkan, Siklon Dahlia yang menerpa Indonesia berpotensi menyebabkan hujan sedang hingga lebat, angin kencang, dan gelombang laut dengan ketinggian hingga enam meter.

“Saat ini Hujan sedang hingga lebat melanda pesisir barat Bengkulu hingga Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat,” tandasnya.

Sementara gelombang laut dengan ketinggian 2,5 hingga empat meter akan terjadi di Perairan barat Kep. Mentawai, Perairan Bengkulu, Perairan selatan Jawa Timur.

Gelombang laut dengan tinggi empat hingga enam meter juga akan terjadi di Perairan P. Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah, Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Jawa. (al)

Editor : Sumartik

Tanggapan Masyarakat